Loading...
Sabtu, 29 Desember 2012

Hubungan Kakak Dan Adik

Bismillahirrokhanirrokhim

Hubungan Kakak Dan Adik. Perpedaan usia yang jauh ternyata belum cukup untuk terciptanya hubungan harmonis kakak-adik, ada-ada saja pangkal keributan, namanya juga anak-anak sih. Perbedaa usia 10 tahun  si kakak yang sebentar lagi akan memasuki pendidikan sekolah lanjutan pertama dan si adik yang masih berusia 2,5 tahun tapi sudah mampu sedikit berkomunikasi verbal karena sudah menguasai beberapa kosa kata.

Sedikit perhatian lebih kepada si kakak si adik merajuk
Sedikit perhatian lebih kepada adiknya, si kakak yang daya intelektualnya mulai terbangun itu protes terhadap tindakan orang tuanya yang barangkali dinilai tidak adil bagi dirinya.

Atau kadang tanpa sebab si kakak menggoda kepada adiknya, padahal adiknya sudah meronta menangis tapi si kakak tak mau menghentikan godaannya juga, atau kadang si adik tanpa babibu tangannya yang sedang memegang sesuatu mendaratkan pukulan ke tubuh kakaknya, kalau kakaknya sedang baik hati si kakak mau mengalah, tapi pernah juga si kakak membalas lebih keras pukulan tersebut, akibatnya bisa ditebak si adik menangis keras.

Eh ternyata dalam pertengkaran yang terjadi itu, bila seharian keduanya tidak bertemu mereka saling menanyakan kemana si adik, kemana si kakak.

Di atas adalah gambaran kecil hubungan nyata dalam sebuah keluarga antara kakak dan adiknya, ada sayang ada cinta ada kekangenan itu pasti, ada bentrok itu wajar karena demikianlah kehidupan dunia anak.

Lantas bagaimana kejadian di lingkar kehidupan yang lebih luas? pasti kejadiannya lebih komplek dan bervariatif seperti yang sedang terjadi di negeri ini, ada kerukunan ada perdamaian ada toleransi dan sebaliknya banyak pula warna-warna sebaliknya dari yang sekedar persaingan biasa atau sampai pada tingkat hubungan yang lebih parah/disharmonis (tawur-menawur)

Terserah kita memilihnya apakah memilih kehidupan dalam kedewasaan atau memilih model kehidupan kekanak-kanakan yang belum memiliki kontrol dan batas itu.
Bagaimana berperilaku sebagai orang yang lebih kuat/berpangkat/ terhadap yang lebih lemah : asah - asih atau asuh ? apa mengangkangi-menista-menggusur atau membodohi?

Tanpa terasa 2012 tersisa 2 hari yang sudah tidak utuh lagi, hanya ingin mengingat kembali kata-kata  : "Hendaknya yang tua menyayangi yang muda dan yang muda menghormati yang tua".
kata  tua boleh jadi mewakili yang kuat yang menjabat atau yang siapapun yang memiliki potensi berbuat tidak adil. sedang kata muda boleh jadi mewakili  rakyat biasa, atau siapa saja  yang berpotensi menjadi obyek penderitaan.

Demikian sobat renungan akhir tahun ini, semoga bermanfaat, semoga di tahun 2013 kehidupan lebih baik, lebih sukses dan yang penting lebih bermartabat bagi siapapun juga. jika tertarik baca postingan sejenis tapi jadul lucu karena postingan newbew saat itu klik di sini atau di sini

Alhamdulillah

49 komentar:

  1. ya gan yang muda menghormati yang tua dan yang tua menghargai yang muda... kunjungan pertama gan

    BalasHapus
  2. Apa kabar Pak Arif? Semoga tahun depan lbh baik dan penuh karya produktif ya pak..

    TTg adik kakak yg suka berantem...mgk sdh bawaan anak-anak ya pak. Lha saya dulu juga kayak getu sama adik, selalu ada hal2 yg jd bahan 'keributan'. Tapi pas SMP sdh mulai berkurang kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. ikut mendoakan.

      soal kakak beradik, memang itulah seni yang mengasyikkan. itu pertanda sayang koq. nanti seiring berjalannya waktu, bakalan lebih dewasa pendekatannya.

      Hapus
    2. Kabarnya insyaalloh baik-baik selalu mbak bagaimana dengan mbak? baik-baik juga kan?

      demikianlah sebuah kewajaran dalam dunia anak-anak ya

      Hapus
  3. namanya jg anak2 sob..
    kalo gak gitu ya gak seru..
    :D
    kitanya aja sebagai ortu hrs bs memberikan bimbingan yg baik agar mereka menyadari mana yg salah dan mana yg bnr.

    semoga tahun depan, tahun yg lebih baik dari tahun sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob yang penting adalah harus selalu memberikan bimbingan yang benar

      Hapus
  4. Begitulah dulur sinoro wedi, orang ono digoleki yen ngumpul bikin rame.
    tambah semangat nggih Kang dalam berkarya dan memberikan kemanfaatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lek anake telo tambar rame yo kang

      Hapus
    2. lek anake telu tambah rame yo kang

      Hapus
  5. ehm.. ya gitulah adik dan kaka. selalu ada keributan. tapi itu kalau waktu kecil, kalau ud dewasa bisa saja jadi akrrab seperti saya dan adik sya. dan semoga akan selalu seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob semoga dengan semakin dewasa hubungannya menjadi lebih baik

      Hapus
  6. jadi inget waktu kecil dulu juga gitu sob, tapi sekarang kami sudah saling berjauhan dan jarang bertemu, setahun sekali juga belum tentu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berjauhan bukan berarti putus ilaturahminya ya kang

      Hapus
  7. akhirnya ketemu blog ini juga setelah ngoprek bloglist,hehe

    itulah du lan lur, dudu lian kudu akur,, walau perang berontoyuda, tetap akhirnya kangen juga,,

    memang sulit melawan keinginan, khususe seng dituakan maunya kaaaaya bendera terus, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulur: dudu lian kudu akur (bukan orang lain harus akur) begitu artinya ya sob

      Hapus
  8. hhihihi...jadi inget masa kecil nih sob,dulu aq juga suka ribut ma adikku,tapi sekarang ga lagi dah sama2 dewasa :)

    selamat menyambut tahun baru 2013 ya sob,semoga tahun depan lebih baik lagi...aamiin

    BalasHapus
  9. ya memang benar banget nih yaitu keseimbangan antara tua dan muda

    BalasHapus
  10. mantab sob, mantab nya pakai huruf 'zz'

    BalasHapus
  11. maaf baru sempet bw kesini.
    Aku pilih tengah-tengah azh kang, ngga anak-anak, juga ngga terlalu dewasa...remaja terus, jadi bisa nyantey dan nikmati hidup tanpa ruwet dan ngoyo, rasanya juga nikmat loh....hehee.
    yang pasti setiap hari evaluasi apakah hari ini kegiatan kita sehari-hari lebih baik dari kemarin, atau malah lebih buruk?!
    makasih sharenya, selamat menempuh 2013. tambah sukses, bahagia dan sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin,
      salam sehat dan sukses selalu
      terima kasih komentarnya

      Hapus
  12. hubungan kakak adik memang selalu begitu ya Pak Arif. Kalo ketemu berantem tapi kalo pisah kangen-kangenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas inginnya yang akur-akur saja sih sebetulnya hehe...

      Hapus
  13. heheh..sama aja dengan adik-adik saya, padahal beda keduanya cuma 5 tahun, semakin dewasa akan kelihatan berantem mereka itu berantem sayang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak betul, terima kasih komentarnya

      Hapus
  14. Alhamdulillah, kalo saya sendiri ma adek nggak ada pertengkaran yang berlebihan. Malah ada yg ngira adek saya itu ya pacar saya

    BalasHapus
  15. syukurlah jika demikian ya sob

    BalasHapus
  16. hubungan kakak adik memang sering demikian,
    namun yang utama..tetaplah menjaga persaudaraan, ;-)

    BalasHapus
  17. Betul banget kang,jadi ingat nostalgia..hahahhyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang,
      terima kasih komentarnya

      Hapus
  18. justru hal seperti..membuat kita tersenyum dan tertawa...di kala kita sdh jd orang tua ya mas...bagi sy peritiwa itu sweet memory...waktu kecil

    ....amin mas semoga lebih baik dari seblmnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob kejadian masa kecil adalah kenangan yang manis

      Hapus
  19. namanya juga masih anak - anak ya mas, saya juga dulu begitu dengan kakak sendiri, tapi sewaktu - waktu pasti kangen jika lama tidak jumpa...

    selamat tahun 2013 mas...

    BalasHapus
  20. Lama saya nda hadir di sini. Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Memasuki tahun 2013 ini. Semoga di tahun 2013 ini kita semua sukses dunia dan akhirat. Aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    BalasHapus
  21. kakak adik klo jaraknya deket emang biasanya sering 'berantem'nya. Tp beda klo jaraknya agak jauh, kek aku ama adekku. Kami malah kompak bgt :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitu ya mbak
      terima kasih komentarnya

      Hapus
  22. hihihi... emang biasanya selalu ada cinta ditengah pertengkaran-pertengkaran... namanya juga kakak adik.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benci tapi rindu begitu kira-kira ya sob

      Hapus
  23. Nanti saat anak2 besar2, yang seperti menjadi memory indah yang bakalan bikin menggelitik sepanjang masa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas betul,
      terima kasih komentarnya

      Hapus
  24. haha beda dgn sy nh... tiap hari bertengkar dgn adik saya

    BalasHapus
  25. siang sob. wah perlu di cermati,ni. trmksi banyak bang dah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah nggak lah sob (na'udubillah), bagaimanapun kata-kata yang mendidik lebih efektif dan kuat pengaruhnya daripada cemeti yang bisa berakibat buruk jika diterapkan bagi perkembangan pribadinya

      Hapus

Silahkan bebas berkomentar, dengan catatan :
1. Sebelum berkomentar hendaknya membaca dengan seksama agar komentar nyambung dengan artikel,
2. Komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus/terhapus

Arsip Blog

 
TOP