Kok jadi ingin me-Lang lang di blogger lagi

TIPS BERHENTI MEROKOK

Bismillahrrohmanirrokhim

Kenapa sih dulu coba-coba merokok, tahu sendiri kemudian akibatnya,ketagihan!, karena itu bagi siapapun yang beruntung belum atau tidak merokok atau ada yang sedang coba-coba merokok hentikanlah sekarang juga, jangan dilanjutkan kebiasaan tersebut! percayalah banyak ruginya dari pada untungnya.

Klinik berhenti merokok
Klinik berhenti merokok
Kenapa terasa sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok karena efek kecanduan yang dialami adalah secara psikologis/psikis maupun fisiologis. Dari segi fisiologis/fisik pelepasan dopamine (zat yang secara ilmiah terdapat dalam tubuh yang bisa meredakan rasa sakit dan meredakan rasa senang sebenarnya akan terpacu), ketika anda sedang merokok berarti anda akan terbiasa dengan kadar dopamin yang tinggi, sehingga jika kemudian mencoba berhenti merokok ada bagian tubuh yang protes karena merasa asupan dopamin yang menghasilkan rasa kenikmatan/ketagihan itu dihentikan secara tiba-tiba.
Sedangkan secara spikologis katanya merokok menjadi kegiatn adiktif, bagian yang paling sulit dalam usaha berhenti merokok akan terjadi di minggu-minggu pertama, akan terjadi ketagihan hebat, merasa loyo karena pada saat itu kotoran telah dikeluarkan dari lapisan paru-paru, tetapi perasaan tersebut akan berkurang setahap-demi setahap jika langkah penghentian diteruskan.

Berikut langkah-langkah untuk memulai berhenti merokok yang saya peroleh dari blog tetangga:
  1. Hari pertama sampai 30 hari pertama jangan langsung berhenti frontal, cobalah untuk mengganti dengan kebiasaan lain seperti jalan kaki selama 30 menit atau lebih setiap hari, aktifitas ini tujuannya adalah mencegah pertumbuhan berat badan ketika menghentikan kebiasaan merokok, ingat ketika berjalan kaki periksa semua saku kali aja tanpa sengaja rokok terselip, karena ini bisa saja menimbulkan kilaf yang berakhir dengan jalan kaki tetep jalan eh ternyata sambil merokok.
  2. Ketika sampai pada hari ke 31 dan 32 silahkan memulai mengkonsumsi  Wellbutrin (bupropion) dengan dosis 100mlgr 1x sehari dikonsumsi di pagi hari, obat ini berfungsi untuk anti ketagihan di masa-masa transisi dari seorang perokok menjadi bukan seorang perokok. Kegiatan jalan kaki harus tetap dilalukan 30 menit atau lebih tanpa absen.
  3. Sampai hari ke 33 berhentilah total, buang semua rokok dan saudara-saudaranya, ambil plester nikotin sesuaikan dengan resep dokter, konsumsi Wellbutrin ditingkatkan pada dosis yang sama 100mlgr menjadi 2x sehari pagi dan petang. Tiga hari sampai lima hari berhenti merokok akan menjadi hari-hari terberat tetapi jika berhasil meneruskan sampai ke 40 hari, tujuh hari setelah berhenti artinya telah berhasil melewti masa krisis terberat dalam siklus berhenti merokok.
  4. Dari ke tiga tahap di atas apalah artinya sebuah keinginan kalau tidak didukung dengan niat/semangat membara, cari dukungan motivasi orang-orang terdekat istri, anak atau teman  yang berarti bagi kita yang kata dan nasehatnya  membawa pengaruh bagi kita.
Alhamdulillah, demikian sobat-sobit kita semua yang merasa senasib yang tidak sepenanggungan  mungkin bermakud  berhenti merokok atau suatu saat kemudin ada muncul keinginan berhenti, barangkali  tips-tips di atas  bisa coba.

Catatan :
Admin sendiri belum menerapkan tips-tips, hanya berharap dengan ikut memposting artikel ini kemudian adminnya  termotivasi untuk berhenti merokok.



Share :

Facebook Twitter Google+
25 Komentar untuk "TIPS BERHENTI MEROKOK"

Silahkan bebas berkomentar, dengan catatan :
1. Sebelum berkomentar baca dengan seksama, jika perlu berkomentar ya komentar aja, jika tidak baca aja sudah lebih dari cukup kok
2. Komentar yang menyertakan link aktif akan dihapus/terhapus

Back To Top